manfaat beras organik

Segudang Keunggulan dan Manfaat Beras Organik

Keunggulan dan manfaat beras organik ternyata banyak sekali. Manfaat ini tak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh dan jauh dari penyakit, namun juga kekelebihannya pada rasa dan cara pengolahannya. Bahkan jika dibandingkan dengan beras non organik perbedaannya jauh sekali. Ingin tahu lebih detail? Baca saja terus artikel ini hingga tuntas ya…

Beras organik adalah jenis beras yang diproduksi atau dihasilkan dari pertanian organik. Cara bertani atau budidaya yang dilakukan ini sama sekali jauh dari proses ataupun bahan kimia. Pertanian model ini tidak mengenal pupuk ataupun pestisida (racun hama) kimia dalam budidayanya.

Sebaliknya, beras organik dihasilkan dari proses budidaya alami (organik) dari sejak pemilihan dan pengolahan tanahnya hingga pemilihan bibit padi yang digunakan. Selain sangat ramah lingkungan, proses budidaya semacam ini juga untuk menjaga keseimbangan ekosistem maaupun kelestarian lingkungannya.

Dalam kegiatan budidayanya, pengolahan lahan pertanian dilakukan dengan menggunakan pupuk organik, seperti pupuk hijau, kompos, serta pupuk hayati. Sedangkan untuk mengatasi masalah hama digunakan pestisida alami yang dibuat dari dedaunan ataupun buah-buahan yang telah difermentasikan secara alami.

manfaat beras organik

Ada banyak manfaat dengan proses organik yang diterapkan dalam budidaya ini. Antara lain berguna untuk memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kesuburan tanah, dan menciptakan lingkungan ekosistem yang berkelanjutan. Bahkan secara alami proses budidaya organik ini mampu mencegah ataupun mengendalikan hama dan organisme pengganggu tanaman.

Secara ringkas beras organik dihasilkan dari proses berikut ini:

  • Benih padi jenis lokal (non transgenik)
  • Proses budidaya tanpa pestisida sama sekali
  • Penggunaan pupuk organik
    Penggunaan air unttuk penyiraman yang bersih dan tidak
  • tercemar
  • Prosesnya dilakukan tanpa menggunakan bahan pengawet

Keunggulan Beras Organik

Lantas apa saja keunggulan beras organik bila dibandingkan dengan beras non organik? Berikut ini beberapa kelebihan beras organik yang meliputi:

  • Waktu dimasak beras organik akan terlihat lebih pulen.
  • Nasi dari beras organik tidak cepat basi bahkan bisa tahan sampai 24 jam.
  • Volume atau kapasitas yang dihasilkan beras organik ternyata jauh lebih banyak dibandingkan beras non organik.

Manfaat Beras Organik untuk Kesehatan Tubuh

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Namun jika anda terbiasa mengkonsumsi nasi dari beras non organik justru bisa memancing datangnya penyakit. Tentunya anda tidak menginginkan hal ini bukan?

Ada solusi mudah untuk anda yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan bebas dari penyakit tanpa meninggalkan makanan pokok ini. Yaitu dengan mengonsumsi nasi dari beras organik. Selain untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat, beras organik juga banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Dengan pola makan yang benar dan jenis makanan yang sehat akan sangat menentukan kualitas kesehatan tubuh kita. Apalagi ditambah dengan rajin berolahraga.

Dibandingkan beras biasa atau non organik, mengkonsumsi beras organik secara kontinyu memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut ini beragam manfaat beras organik untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya anda tahu.

1. Mengatasi Penyakit Berbahaya

Beras organik juga sangat baik untuk mengatsi dan mencegah berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit kanker, asam urat, serangan jantung, darah tinggi, dan penyakit vertigo.

2. Mengurangi Kadar Urea dalam Darah

Jika kita mengkonsumsi beras organik secara rutin, maka dapat mengurangi kadar urea dalam darah yang menumpuk akibat kebiasaan makan beras non organik yang dalam proses budidayanya menggunakan banyak pupuk urea.

3. Mengurangi Kadar Logam Berat dalam Darah

Penggunaan insektisida kimiawi dalam beras non organik dapat menyebabkan kadar logam berat dalam darah menumpuk yang bisa memicu timbulnya berbagai jenis penyakit berbahaya yang sering terjadi dan dialami masyarakat modern. Dengan mengkonsumsi beras organik maka sangat berguna untuk mengurangi kadar logam berat dan mencegah penyakit berbahay tersebut.

4. Sangat Baik Untuk Penderita Diabetes

Beras organik aman dan sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kandungan nutrisi dan mineralnya yang tinggi, kandungan glukosa, karbohidrat, ataupun proteinnya yang mudah terurai

5. Baik Untuk Diet

Beras organik juga sangat baik untuk menjalankan program diet dan mengendalikan berat badan.

Itulah segudang keunggulan dan manfaat beras organik yang sangat baik dikonsumsi secara rutin oleh keluarga Indonesia. Untuk anda yang berminat membeli produk beras organik berkualitas dengan harga terjangkau dapat menghubungi telp/SMA/WA 0852-0184-9075.